logo-website
Selasa, 17 Sep 2024,  WIT

Sterilisasi Kantor KPU Pada Pelaksanaan Pendaftaran Bakal Calon Gubernur dan Wakil

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan situasi kondusif selama proses pendaftaran.

Papuanewsonline.com - 28 Agu 2024, 14:16 WIT

Papuanewsonline.com/ Politik & Pemerintahan

Papuanewsonline.com, Jayapura – Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan jelang Pilkada Serentak 2024, Satuan Tugas (Satgas) yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Cartenz 2024 wilayah Papua Selatan melaksanakan rangkaian sterilisasi di lokasi pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Selatan. 

Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (27/08/2024), dan bertujuan untuk menciptakan situasi kondusif selama proses pendaftaran.

Kompol Muhammad Basri, selaku Kasatgas Tindak, menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima surat perintah dari Polda Papua Selatan untuk menurunkan Tim Aksi Khusus yang berjumlah 13 personil. 

“Meskipun sesuai Sprin kami diperintahkan untuk mengerahkan 13 personil dan untuk sterilisasi kami menurunkan 4 personil, kami juga nantinya akan melakukan pemeriksaan badan terhadap peserta, pendukung, maupun pasangan calon,” ujar Kompol Basri.

Sterilisasi dilakukan di beberapa area strategis, termasuk ruang pendaftaran, ruang Komisi Pemilihan Umum (KPU), serta ruangan yang digunakan oleh pasangan calon dan pendukungnya.

“Kami menggunakan alat seperti gamet atau metal detector untuk mendeteksi potensi ancaman. Sterilisasi ini bersifat visual dan bertujuan untuk memastikan keamanan tempat pendaftaran,” tambahnya.

Meskipun belum ada bakal calon yang mendaftar hingga saat ini, Kompol Basri menegaskan bahwa pihaknya tetap siaga sesuai dengan prosedur operasi standar (SOP). 

Tim Aksi Khusus yang diturunkan juga dilengkapi dengan peralatan lengkap, seperti body face, helm, senjata api, serta kendaraan khusus, termasuk satu unit kendaraan rimueng dan satu unit Rantis volcano. 

“Langkah ini diambil untuk mengantisipasi potensi gangguan massa yang tidak terkendali,” jelasnya.

Tujuan utama dari sterilisasi ini adalah untuk memastikan bahwa lokasi pendaftaran pasangan calon serta lingkungan KPU aman dan bebas dari gangguan. 

“Kami ingin memberikan rasa aman selama pelaksanaan pelsta demokrasi, mulai dari tahap pendaftaran hingga selesai. Hasil sterilisasi sejauh ini menunjukkan tidak ada hal-hal yang mengganggu kelancaran proses pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur,” pungkas Kompol Basri.

Dengan persiapan yang matang ini, diharapkan seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Papua Selatan dapat berjalan dengan aman, lancar, dan tanpa hambatan. (PNO-12)

Bagikan berita:
To Social Media :
Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE