logo-website
Senin, 15 Jul 2024,  WIT

Turnamen Catur Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78 di Papua

Irwasda berharap melalui turnamen ini dapat ditemukan pecatur baru yang mampu berprestasi di berbagai event tingkat nasional dan internasional.

Papuanewsonline.com - 24 Jun 2024, 08:15 WIT

Papuanewsonline.com/ Olahraga

Papuanewsonline.com, Jayapura – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78, Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Drs. Yosi Muhamartha resmi membuka Turnamen Catur yang diadakan di Lapangan Dit Pamobvid Polda Papua pada Sabtu (22/06). 

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Karo Ops Polda Papua, Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika, S.I.K, Dir Lantas Polda Papua, Kombes Pol Abriyanto Pardede, S.H., S.I.K., M.H, Ketua Umum KONI Papua, dan Ketua Pengkap PERCASI kabupaten/kota serta para atlet catur.


Dalam sambutannya, Kombes Pol. Drs. Yosi Muhamartha menekankan pentingnya olahraga catur dalam merangsang kecerdasan dan memupuk cara berpikir yang bijaksana.

"Catur adalah salah satu olahraga yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan analisis. Permainan ini juga melatih kesabaran dan kreativitas," ujarnya. Ia menambahkan bahwa catur dapat memperkuat intelligence quotient (IQ) dan spiritual quotient (SQ), serta membantu dalam mencegah masalah dengan berpikir logis.

Turnamen catur ini merupakan hasil kerja sama antara Polda Papua dan PERCASI Provinsi Papua. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara Polda Papua dengan perbankan dan pelaku usaha lainnya, sesuai dengan moto "Gens Una Sumus" yang berarti "Kita adalah satu keluarga", tetapi juga untuk menjadi wadah bagi minat dan bakat seluruh personil dan masyarakat.

"Kami berharap melalui turnamen ini dapat ditemukan bibit-bibit pecatur baru yang mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional," kata Irwasda. Ia menekankan bahwa catur adalah salah satu cabang olahraga resmi dunia yang diakui oleh International Olympic Committee (IOC) dan memiliki popularitas yang tinggi di Indonesia.

Para peserta turnamen diimbau untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas agar dapat meraih hasil maksimal. 

"Melalui turnamen ini, diharapkan akan lahir pecatur-pecatur baru yang bisa berprestasi di berbagai event. Kami berharap turnamen seperti ini dapat menjadi agenda tahunan PERCASI di masa mendatang," tutup Kombes Pol. Drs. Yosi Muhamartha dalam sambutannya.

Turnamen catur ini menjadi salah satu rangkaian acara dalam perayaan Hari Bhayangkara ke-78 yang diharapkan dapat mempererat hubungan antara aparat kepolisian dan masyarakat, serta meningkatkan prestasi olahraga catur di Papua. (PNO-12)

Bagikan berita:
To Social Media :
Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE