logo-website
Selasa, 17 Sep 2024,  WIT

Polwan Polda Maluku Lakukan Pengamanan di Tempat Ibadah

Pengamanan tersebut terdiri dari mesjid dan Gereja yang ada di Kota Ambon dan sekitarnya.

Papuanewsonline.com - 18 Agu 2024, 19:13 WIT

Papuanewsonline.com/ Seni & Budaya

Papuanewsonline.com, Ambon – Sejak JUmat (16/8/2024) kemarin sampai hari ini Minggu (18/8/2024) nampak pemandangan yang berbeda disekitar tempat-tempat Ibadah di Kota Ambon dan sekitarnya, baik di mesjid pada saat pelaksanaan Sholat Jumat dan Gereja-Gereja pada saat ibadah Minggu, terlihat perempuan-perempuan berseragam Coklat yang sedang melakukan pengaturan dan pengamanan sambil menyapa masyarakat yang sementara menuju ketempat ibadah masing-masing. 

Pakor Polwan Polda Maluku, AKBP Rositah Umasugi, S.I.K, saat dikonfirmasi oleh awak media menyampaikan bahwa kegiatan Pengaturan dan pengamanan oleh Srikandi-srikandi Polwan di tempat-tempat ibadah ini merupakan salah satu wujud bakti Polwan kepada masyarakat dalam upaya menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif agar masyarakat dapat menjalankan kewajiban agamanya masing-masing dengan tertib dan aman

Menurut Rositah, ” Polwan Polda Maluku sejak hari Jumat (16/8/2024) sampai dengan hari ini, Minggu (18/8/2024) telah melaksanakan kegiatan pengamanan di sejumlah tempat ibadah, baik mesjid maupun Gereja yang ada di Kota Ambon dan sekitarnya”. 

”Jadi untuk pengamanan tempat ibadah yang dilakukan oleh Polwan, bukan baru kali ini saja, ini sudah sering kami lakukan tapi untuk tahun ini memang bertepatan dengan momen perayaan HUT Polwan RI ke-76, yang jatuh pada tanggal 1 September 2024 nanti” Kata Rositah.

Ditambahkan pula oleh Rositah, ”untuk mekanisme pengamanannya dilakukan oleh Polwan Polda Maluku dan Polwan Polresta Pulau Ambon untuk Wilayah Hukum Kota Ambon dan sekitarnya, sedangkan Polwan Polres jajaran melakukan pengamanan di wilayah hukum Polres masing-masing dengan pengaturan, Polwan yang Nasrani melakukan pengamanan di Mesjid-mesjid pada saat pelaksanaan Sholat Jumat dan Polwan Muslim pengamananya dilakukan di Gereja-Gereja pada saat ibadah Munggu”. 

Selanjutnya menurut Rositah, ”Untuk Gereja-gereja yang mendapat kawalan polwan berhijab yakni Gereja Katedral Gereja Bethania dan Gereja Efrata, sedangkan bagi Polwan Nasrani melakukan pengamanan pada Mesjid Baitulrahman, Mesjid Alim Pattimura Perikanan, Mesjid Musyafa Ongkoliong dan Mesjid Annur Batu Merah, ketujuh tempat ibadah ini pengamananya di cover oleh Polwan Polda Maluku, sisanya di cover oleh Polwan Polresta Pulau Ambon”.

Sementara itu Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Areis Aminnulla, S.I.K, dalam keterangannya mengungkapkan, pengamanan ini merupakan program Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si. Dengan program ini, diharapkan di samping melaksanakan pengamanan, aparat kepolisian juga dapat membangun komunikasi dan berinteraksi dengan Ustad, pendeta dan umat yang beribadah.

Ini salah satu program, di samping laksanakan Pam, diharapkan sebagai media berkomunikasi dan berinteraksi dengan tokoh agama dan saudara kita, umat/Jemaah," kata Areis.

Areis mengatakan, ”saat berkomunikasi dengan jemaat/umat yang menggelar ibadah itu, tentunya diharapkan adanya masukan guna perbaikan kinerja Polda Maluku ke depannya. (PNO-12)

Bagikan berita:
To Social Media :
Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE