logo-website
Selasa, 17 Sep 2024,  WIT

Pangkoopsud I Buka Kegiatan Safety Meeting Koops Udara I Tahun 2024

Kegiatan tersebut digelar demi menambah pengetahuan personel TNI-AU yang bertanggung jawab atas pengelolaan Lapangan Udara terkait bahaya satwa liar dalam penerbangan.

Papuanewsonline.com - 08 Agu 2024, 09:26 WIT

Papuanewsonline.com/ Politik & Pemerintahan

Papuanewsonline.com, Jakarta - "Jadikan budaya Safety First sebagai motto utama dalam setiap melaksanakan tugas yang diemban, karena safety adalah tanggungjawab milik bersama" demikian ditegaskan oleh Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin dalam sambutannya saat membuka kegiatan Safety Meeting Koops Udara I Tahun 2024, bertempat di Gedung Roesmin Nurjadin, Makoopsud I. (Rabu, 7-8-2024).

Lebih lanjut Pangkoopsud I memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan safety meeting ini, "Semoga kegiatan ini akan terus berlanjut dan dilaksanakan secara rutin, guna menumbuhkan kesadaran bagi kita semua, akan pentingnya budaya safety, untuk mewujudkan keselamatan terbang dan kerja, dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan bagi kepentingan bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Udara, khususnya pada setiap kegiatan di lingkungan Koopsud I beserta seluruh satuan jajarannya" jelas Pangkoopsud I.

Pada safety meeting tahun 2024 ini, disampaikan materi yang mendukung pelaksanaan Lambangja di jajaran Koopsud I yaitu tentang manajemen bahaya satwa liar dalam resiko penerbangan. "Kegiatan ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada personel TNI-AU yang bertanggung jawab atas pengelolaan bahaya satwa liar, untuk meningkatkan kesadaran dan pentingnya deteksi dini maupun identifikasi serta inspeksi Lapangan Udara terkait bahaya satwa liar dalam penerbangan. Karena keselamatan terbang dan kerja dalam setiap operasi penerbangan, sangat menunjang keberhasilan latihan atau pelaksanaan misi-misi operasi yang diemban" tegas Pangkoopsud I menutup sambutannya.

Acara safety meeting Koopsud I TA 2024 dilanjutkan dengan metode ceramah dan diskusi yang interaktif dari para peserta baik yang melalui tatap muka maupun yang melalui vicon, dengan dua narasumber yang ahli dalam bidangnya yaitu Kasubdepmatra Sekkau Letkol Tek Ferry Zarpian, S.T., dan Pabandya K3 Puslaiklambangjaau Letkol Kes Muflih Dahlan, M.Psi.

Selanjutnya para peserta safety meeting menuju Runway Lanud Halim Perdanakusuma untuk dapat mengidentifikasi satwa liar di sekitaran Runway, serta untuk untuk dapat mengetahui gambaran satwa liar apa saja yang dapat mengganggu penerbangan.

Hadir dalam acara tersebut para Pejabat Utama Makoopsud I, serta seluruh peserta dari Jajaran Koopsud I khususnya dalam pengawakan Lambangja yang hadir secara tatap muka maupun yang hadir secara virtual di satuan masing-masing. (PNO-12)

Bagikan berita:
To Social Media :
Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE