logo-website
Selasa, 17 Sep 2024,  WIT

Pembunuhan Pilot di Alama Misterius, Jefri Bomanak Mengaku TPNPB/OPM Bukan Pelaku

Egianus Kogoya Minta TNI/Polri Juga Diperiksa

Papuanewsonline.com - 16 Agu 2024, 15:39 WIT

Papuanewsonline.com/ Hukum & Kriminal

Papuanewsonline.com, Timika- Pelaku penembakan hingga menyebabkan tewasnya pilot helikopter PT. Intan Angkasa Air Service, Glen Malcolm Conning di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, kini menjadi tanda tanya alias misteri, pasalnya pimpinan Tentara TPNPB/OPM ( Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat/ Organisasi Papua Merdeka), Jeffri Bomanak mengaku TPNPB/OPM bukan sebagai pelaku.

" Benar, tolong publikasikan di Media bahwa, Kami  TPNPB/OPM sudah selesai  melakukan infestigasi secara  internal didalam pasukan, ternyata  penembakan pilot ini, bukan dari  pasukan TPNPB/OPM," ungkap Jefri Bomanak melalui sambungan telepon seluernya, Jumat (16/8/2024).

Jefri Bomanak mengatakan, pihaknya yakni TPNPB/OPM tidak menargetkan warga sipil dalam perjuangan pembebasan bangsa Papua dari NKRI.

" TPNPB/OPM dalam perjuangan pembebasan bangsa Papua, tidak ingin mengorbankan warga sipil, karena ini sesuai konstitusi tanggal 1 Juli 1971," terangnya.

Lanjut Jeffri Bomanak, selain infestigasi internal yang dilakukan TPNPB/OPM diperkuat juga dengan siaran pers dan video klarifikasi dari panglima perang kodap III Ndugama, Brigadir Jenderal Egianus Kogoya yang menyatakan bahwa pasukan TPNPB/OPM tidak bertanggungjawab atas pembunuhan pilot berkebangsaan  Selandia Baru Glen Malcolm Conning di Distrik Alama, Kabupaten Mimika.

" Jadi untuk diketahui publik Nasional dan Internasional bahwa kami secara resmi mengumumkan dari markas besar TPNPB/OPM Victoria hari ini, Jumat tanggal 16 Agustus 2024 bahwa TPNPB/OPM bukan sebagai pelaku pembunuhan pilot di distrik Alama Timika," ucapnya.

Terpisah Egianus Kogoya Pimpinan KKB yang paling dicari TNI/Polri melalui video singkat yang diterimah media Papuanewsonline.com membantah bahwa pasukanya telah melakukan penembakan terhadap Pilot Glen Malcolm Conning.

" Atas kejadian tanggal 5 Agustus di Alama, perlu saya pesan bahwa pilot yang terbunuh bukan kami TPNPB/OPM sebagai pelaku, sebagaimana diumkan komandan operasi umum," ujarnya.

Egianus Kogoya mengungkapkan, penembakan tersebut bisa dilakukan oleh TNI/Polri karena beberapa hari sebelum kejadian di Alama, dirinya telah mengumumkan kepada publik bahwa akan melepas sandra  pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens atas dasar kemanusiaan.

" Atas perintah Panglima tertinggi Lekagak Telenggen, kami sudah turun melacak semua  kejadian ini, dan kami harus umumkan bahwa pasukan TPNPB/OPM tidak bertanggungjawab terhadap kejadian itu," ucap Egianus Kogoya.

Egianus Kogoya meminta agar TNI-Polri juga harus diselidiki dan diperiksa baik-baik atas kejadian tersebut.

" Saya Egianus Kogoya meminta agar TNI/ Polri yang bertugas diseputaran wilayah Alama  diperiksa secara baik, ada penumpang di pesawat pada saat kejadian jadi pasti mereka buka mulut siapa pelaku," pinta Egianus Kogoya.

Sementara itu, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 saat ini makukan pengejaran terhadap terduga pelaku pembunuhan pilot helikopter PT. Intan Angkasa Air Service, Glen Malcolm Conning di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Provinsi Papua tengah.

Dimana dari Hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan pemeriksaan terhadap saksi-saksi maka diduga kuat, pelaku penyanderaan dan pembunuh pilot Glen adalah KKB Perek Jelas Kogoya.

Brigjen Pol. Dr. Faizal Ramadhani, mengatakan, merespon tindakan brutal KKB tersebut, satgas Ops Damai Cartenz-2024 diterjunkan ke Distrik Alama dan telah melakukan olah TKP selama dua hari yaitu, Selasa, 6 Agustus dan Rabu 7 Agustus 2024.

"Tidak hanya olah TKP yang dilakukan, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 juga telah melakukan pengejaran terhadap KKB pelaku pembunuh pilot Glen dan penyisiran di Distrik Alama dengan hasil ditemukan sebuah rumah kosong yang berada di ujung bandara," Pungkasnya.(Tim)

Bagikan berita:
To Social Media :
Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
D
Declan Eichmann | 27 Agu 2024, 15:36 WIT
Running a business is not easy. Especially when the cost of nearly everything continues to skyrocket. Cut yourself a break from the stress of rising expenses with a working capital solution that will provide you the relief needed to get through these challenging times. Get a no obligation working capital quote in less than 2 minutes. ++ This Offer Only For Businesses In The USA ++ Get in touch with me below for more info Elizabeth Miller elizabeth.miller@helloratesfastfunding.com https://www.helloratesfastfunding.com
S
Salam kenal | 16 Agu 2024, 22:51 WIT
Seya bersedia jadi anggota grup ini