logo-website
Selasa, 17 Sep 2024,  WIT

Satgas Ops Res Merauke Amankan Tahapan Akhir Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Kepala Daerah

Kompol Nurjanah menegaskan pengamanan akan terus dilakukan hingga seluruh tahapan OMPC II 2024 selesai

Papuanewsonline.com - 03 Sep 2024, 20:23 WIT

Papuanewsonline.com/ Politik & Pemerintahan

Papuanewsonline.com, Merauke – Memasuki hari terakhir tahapan pemeriksaan kesehatan bagi para calon kepala daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Satgas Ops Res Merauke melaksanakan pengamanan ketat di RSUD Merauke, Senin (02/09/2024). 

Pengamanan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Cartenz (OMPC) II 2024 Papua Selatan, yang melibatkan personel gabungan dari berbagai satuan tugas, dipimpin oleh perwira yang ditunjuk dari Polsek Merauke Kota.

Tahapan pemeriksaan kesehatan ini sangat krusial, mengingat para bakal calon Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati di Provinsi Papua Selatan harus menjalani serangkaian tes kesehatan sebagai syarat untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dalam proses pencalonan. Pemeriksaan kesehatan ini telah berlangsung sejak tanggal 29 Agustus 2024 hingga 2 September 2024, setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIT.

Kasatgas Humas OMPC II 2024, Kompol Nurjanah, menjelaskan bahwa pengamanan di lokasi kegiatan dilakukan dengan mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang ketat dan melibatkan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk KPU Provinsi Papua Selatan, KPU Kabupaten Merauke, Bawaslu Provinsi Papua Selatan, Bawaslu Kabupaten Merauke, serta pihak RSUD Merauke.

"Demi kelancaran kegiatan, kami telah melakukan berbagai persiapan pengamanan dan berkoordinasi dengan pihak penyelenggara serta pengawas Pilkada. Ini penting untuk memastikan bahwa seluruh pasangan calon, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten, dapat menjalani tahapan pemeriksaan kesehatan dengan aman dan tertib," ujar Kompol Nurjanah pada Selasa (3/9).

Kemarin, bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan, Nicolaus Kondomo dan Baidin Kurita, merupakan pasangan terakhir yang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Merauke. 

Hasil pemeriksaan kesehatan ini nantinya akan diserahkan kepada KPU masing-masing, dan pengumuman hasilnya akan dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Kompol Nurjanah juga menegaskan bahwa pengamanan ini akan terus dilakukan hingga seluruh tahapan OMPC II 2024 selesai, sebagai wujud komitmen Polda Papua dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan berlangsung, terutama di wilayah Papua Selatan. 

"Kami akan terus mengawal seluruh tahapan ini hingga selesai, untuk memastikan bahwa Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai," pungkasnya. (PNO-12)

Bagikan berita:
To Social Media :
Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE