logo-website
Selasa, 17 Sep 2024,  WIT

Kasad Tutup TMMD ke-121 Kodim 0313/Kampar

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun daerah tertinggal di wilayah terpencil agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Papuanewsonline.com - 27 Agu 2024, 08:20 WIT

Papuanewsonline.com/ Ekonomi

Papuanewsonline.com, Kampar - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, MSc, didampingi Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan, secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 TA 2024 Kodim 0313/Kampar di Stadion Gelora 45, Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Kamis (22/8/2024).

Acara penutupan TMMD ke-121 TA 2024 yang mengangkat tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah" ini berlangsung semarak. 

Sejumlah pejabat penting, mulai dari Pj Gubernur Riau, Dr Rahman Hadi, MSi, Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca, SAP, MHan, Forkopimda Riau, Forkopimda Kampar, Dandim 0313/Kampar yang juga Dansatgas TMMD, Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho, SH, MIP, Pj Bupati Kampar Hambali, serta para Kepala OPD Pemkab Kampar.

Kasad mengatakan, TMMD merupakan kegiatan kolaboratif lintas sektor bersama kementerian dan lembaga pemerintah terkait dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat. 

"TMMD bertujuan untuk membantu, mempercepat membangun daerah tertinggal terutama di wilayah terpencil dan terluar agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” ungkap Kasad.

Kegiatan TMMD melaksanakan beberapa pembangunan, baik pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik. 

Untuk pembangunan fisik berupa pembangunan infrastruktur, fasilitas umum dan pembangunan fasilitas sosial, seperti: pengupasan dan base jalan sepanjang 9.270 meter, pembangunan Box Culvert, membangun gorong-gorong, rehab tempat ibadah, rehab rumah tidak layak huni, MCK, pembuatan sumur bor, pengecekan air bersih, tanam pohon, rehab sekolah dan pembangunan infrastruktur lainnya.

“Sementara untuk pembangunan non fisik, terdiri dari kegiatan penyuluhan maupun sosialiasi wawasan kebangsaan dan bela negara. Ketahanan nasional, pertanian, perikanan, Kamtibmas, pelayanan publik, kebersihan lingkungan, ketahanan pangan harus terus kita lakukan bersama masyarakat. Sasaran non fisik sangat potensial untuk meningkatkan SDM,” ungkap Jenderal Maruli.

Ditambahkannya, setiap Satgas TMMD melaksanakan program unggulan TNI AD, berupa TNI Manunggal Air dengan membuat pembuatan pompa hidram, sumur bor serta mengalirkan air dengan sistem gravitasi dengan pipa.

"Semoga pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur di TMMD ini dapat membantu kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Jenderal Maruli mengakhiri.

Usai memberi amanat, Jenderal Maruli melakukan penandatanganan tugu prasasti TMMD ke-121 Kodim 0313/Kpr, dilanjutkan memberikan kunci RTLH, mushola, MCK dan AC, pemberian paket sembako, pemberian bantuan tas sekolah kepada siswa/i, dan pencanangan pembangunan jembatan secara simbolis.

Selanjutnya, Kasad bersama Ketua Umum Persit KCK beserta rombongan menuju lokasi sumur air/bor di Masjid Al-Barokah, Desa Gema, untuk melakukan pemutaran kran air secara simbolis .

Dari Desa Gema, Kasad bersama ibu dan rombongan menuju penyeberangan Sungai Sebayang dan menaiki rakit/panton untuk menuju titik 0 (nol) sasaran TMMD.  

Di lokasi yang sama, Kasad bersama Ibu dan rombongan juga meninjau hasil rehab RTLH, serta mengakhiri kegiatan dengan melakukan penanaman pohon buah kelengkeng.

Kegiatan selanjutnya, Kasad dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana beserta beserta rombongan transit di Makorem 031/WB, Jenderal Maruli Simanjuntak memberikan Pengarahan kepada Prajurit, Persit dan PNS di wilayah garnizun Riau, 

Secara simbolis Kasad juga memberian Kaporlap kepada perwakilan setiap satuan, disela - sela kegiatan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana memberikan bantuan / bingkisan kepada Warakawuri

Selanjutnya, Kasad melakukan peninjauan renovasi Rumdis Prajurit, Fasilitas olah raga dan kantor Jasrem 031/WB di Asrama Pancasila diselingi dengan kegiatan memberikan tali asih kepada anggota yang rumahnya di Renovasi.

Hadir bersama Kasad, antara lain Irjenad, Asintel Kasad, Aspers Kasad, Aslog Kasad, Aster Kasad, serta Kadispenad. (PNO-12)

Bagikan berita:
To Social Media :
Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE