logo-website
Selasa, 17 Sep 2024,  WIT

PLN Maluku Salurkan 260 Juta Bantu UMKM Mama Bhabin di Negeri Rutah

Bantuan tersebut akan digunakan untuk pengadaan alat produksi, renovasi tempat produksi dan peningkatan kapasitas personil UMKM.

Papuanewsonline.com - 01 Sep 2024, 18:24 WIT

Papuanewsonline.com/ Ekonomi

Papuanewsonline.com, Masohi - Bertepatan dengan momen Perayaan HUT Polwan ke-76 tahun 2024, PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara menyalurkan bantuan sebesar Rp260 juta untuk pengembangan kelompok usaha Mama Bhabin di Negeri Rutah Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Penyaluran bantuan PLN Peduli melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) diberikan untuk mendukung keberlanjutan usaha. Bantuan diserahkan di kantor PLN UP3 Masohi, Minggu (1/9/2024).

Kelompok UMKM Mama Bhabin sendiri bergerak pada usaha pengolahan makanan jajanan. Kelompok ini dibina oleh Bhabinkamtibmas Negeri Rutah, Bripka Norma Ura.

Empat tahun sudah kelompok usaha jajanan Mama Bhabin berjalan. Kini, produk pengolahan makanan jajanan yang diproduksi telah dijual di sejumlah swalayan di kota Ambon. Terdapat tiga produk makanan jajanan yang masuk swalayan, di antaranya Kacang Sembunyi Mama Bhabin, Kuping Gajah Mama Bhabin, dan Kue Terompong Mama Bhabin.

Di sisi lain, jajanan Mama Bhabin saat ini juga telah masuk dalam Social Return On Investment (SROI) TJSL PT. PLN dan PT. Sucofindo Cabang Denpasar. Sucofindo sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan dan konsultasi dan lain-lain.

"Bantuan yang diberikan PLN sebesar Rp260 juta. Bantuan ini digunakan untuk pengadaan alat produksi, renovasi tempat produksi dan peningkatan kapasitas kepada personil kelompok UMKM yang berjumlah 10 orang," kata Bhabinkamtibmas Negeri Rutah, Bripka Norma Ura.

UMKM Mama Bhabin sudah memiliki tempat produksi, dan pecking. Kelompok usaha ini juga telah mendapatkan sejumlah izin usaha seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan sertifikat halal.

"Penjualan jajanan Mama Bhabin juga sudah dijual pada swalayan-swalayan di Kota Ambon," katanya

Bripka Nora menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah membantu keberlangsungan usaha dari UMKM Mama Bhabin hingga saat ini. 

"Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT PLN UIW Maluku dan Maluku Utara atas bantuannya, terima kasih juga kepada PT Sucofindo Cabang Bali (Denpasar)," ungkapnya.

Ucapan yang sama juga disampaikan Bripka Nora kepada Kapolres Maluku Tengah dan Kapolda Maluku yang telah memberikan motivasi dan semangat untuk terus memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

"Kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Kapolres dan Bapak Kapolda Maluku yang telah memberikan dukungan, semangat dan motivasinya selama ini, sehingga kelompok UMKM Mama Bhabin masih dapat berjalan selama empat tahun," sebutnya. (PNO-12)

Bagikan berita:
To Social Media :
Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE